Prinsip –
prinsip Tata-Kelola TI
1. TI seharusnya di adakan , di
operasionalkan dan dikembangngkan untuk mendukung bisnis.
Penjelasannya : misalkan pada aplikasi sosmed
mempunyai tujuan untuk menyimpan data jadi diperlukan server yang baik untuk
mendukung bisnis.
2. Manajemen TI harus menjadi bagian
dalam tata kelola perusahaan.
Penjelasannya: jadi TI bukan sekedar hanya hiasan tetapi
menjadi bagian terpenting dalam perusahaan.
3. Tata Kelola TI melibatkan semua level
manajemen .
Penjelasan : Bukan hanya bidang Ti saja yang
bertanggung jawab tapi semuanya.
4. TI seharusnya menjadi aset strategis,
bukan sekedar pos pengeluaran perusahaan .
Penjelasannya : TI bukan hanya sebagai pelengkap tapi
senjata aset perusahaan dalam bisnis bukan sekedar sebagai pengeluaran semata.
5 Area Fokus
IT Resource
Management
IT Strategic
Management
IT Value
Delevery
Risk
Management
Perfomance
Measurement
Penjelasannya :
Dalam IT Resource Management maka untuk mendukung bisnis dalam bidang
pendidikan di perlukan server untuk mengoptimalkan, IT Strategic Management Bisnis dan TI harus sejalan tidak saling
mendahului, IT Value Delevery misalnya
dalam bisnis pendidikan apakah perlu
dibuat IT unduk mendukung bisnis pendidikan misalnya sim web untuk krs, edmodo
jadi fungsinya untuk mempermudah Siswa/Mahasiswa menjadi nilai penting, Risk Management apakah resiko dapat
ditangani/ minimalisir jadi misalkan terjadi hal yang tidak dinginkan misalkan
data penjualan dicatat manual hilang maka akan hilang , jika disimpan di
penyimanan awan maka akan aman dapat di download, Perfomance Measurement jadi
5 area fokus ini di evaluasi lagi apakah sudah layak/ terpenuhi jika tidak layak maka akan diulang kembali
dari point IT Resource Management.