Tata Kelola TI (IT Governance) Part 2

Tata Kelola TI (IT Governance)

Prinsip – prinsip Tata-Kelola TI

1.      TI seharusnya di adakan , di operasionalkan dan dikembangngkan untuk mendukung bisnis.
Penjelasannya : misalkan pada aplikasi sosmed mempunyai tujuan untuk menyimpan data jadi diperlukan server yang baik untuk mendukung bisnis.

2.      Manajemen TI harus menjadi bagian dalam tata kelola perusahaan.
Penjelasannya:  jadi TI bukan sekedar hanya hiasan tetapi menjadi bagian terpenting dalam perusahaan.

3.      Tata Kelola TI melibatkan semua level manajemen .
Penjelasan : Bukan hanya bidang Ti saja yang bertanggung jawab tapi semuanya.

4.      TI seharusnya menjadi aset strategis, bukan sekedar pos pengeluaran perusahaan .
Penjelasannya : TI bukan hanya sebagai pelengkap tapi senjata aset perusahaan dalam bisnis bukan sekedar sebagai pengeluaran semata.

5 Area Fokus

IT Resource Management
IT Strategic Management
IT Value Delevery
Risk Management
Perfomance Measurement

Penjelasannya :

Dalam IT Resource Management maka untuk mendukung bisnis dalam bidang pendidikan di perlukan server untuk mengoptimalkan, IT Strategic Management Bisnis dan TI harus sejalan tidak saling mendahului, IT Value Delevery misalnya dalam bisnis pendidikan  apakah perlu dibuat IT unduk mendukung bisnis pendidikan misalnya sim web untuk krs, edmodo jadi fungsinya untuk mempermudah Siswa/Mahasiswa menjadi nilai penting, Risk Management apakah resiko dapat ditangani/ minimalisir jadi misalkan terjadi hal yang tidak dinginkan misalkan data penjualan dicatat manual hilang maka akan hilang , jika disimpan di penyimanan awan maka akan aman dapat di download, Perfomance Measurement  jadi 5 area fokus ini di evaluasi lagi apakah sudah layak/ terpenuhi  jika tidak layak maka akan diulang kembali dari point IT Resource Management.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »